Selasa, 04 September 2012

wanita-wanita yang abadi dalam al-quran


Aisyah binti abu bakar
Ulama tafsir dan hadis mengatakan bahwa Q.S An-nur :11-17 ini diturunkan berkenaan dengan peristiwa haditsul ifki (berita bohong).berita bohong ini menyangkut diri aisyah binti abu bakar r.a.,istri rasulullah saw.Aisyah di gosipkan berbuat yang tercela karena beliau pulang naik unta yang di tuntun seorang laki-laki bernama Safwan bin Mu’aththal  As-sulamiy.
Hingga suatu hari rasulullah saw.pun berkata kepada aisyah,bahwa beliau memperoleh berita demikian dan demikian.”bila engkau bebas,allah akan menyatakan kebebasanmu.jika engkau melakukan dosa,mohon ampunlah kepada allah dan bertobatlah kepada-Nya”.betapa sedihnya aisyah mendengarnya.ia pun membela diri,dan menyatakan bahwa allah mengetahui bahwa ia tak melakukannya.lalu,aisyah perkataan ayahanda nabi yusuf a.s.:”kesabaran yang baik itulah (kesabaranku).dan allah sajalah yang dimintai pertolongan terhadap apa yang kalian yang ceritakan”.(yusuf:18).
Tak lama setelah itu,turunlah wahyu allah yang membebaskan aisyah dari dusta tersebut,sesungguhnya orang-orang yang membawa berita bohong itu ialah dari golonganmu juga…(an-nur:11-17)
Riwayat hidup aisyah r.a.
Aisyah merupakan putrid abu bakar r.a. nasab aisyah bertemu dengan rasulullah saw pada orang yang bernama murrah bin ka’ab bin lu’aiyy.rasulullah saw.menikah dengan aisyah setalah khadijah,istri beliau yang pertama, sudah wafat.aisyah menjadi istri rasulullah saw.dalam usia yang sangat muda.ketika rasulullah saw .wafat aisyah baru berumur 18 tahun. Asiyah wafat pada tahun 57 H.
Keutamaan aisyah r.a.
Aisyah dikenal sebagai wanita yang gemar bersedekah kepada orang-orang fakir dan miskin, suka menzhahirkan nikmat allah,dan menyebut-nyebutnya dalam rangka mensyukurinya.beliau juga dikenal sebagai orang yang mampu memberika khutbah dengan baik dan komunikatif,sebagaimana diakui oleh sahabat Ahnaf bin qais,Musa bin thalhah,dan Mu’awiyah.
Beliau juga dikenal sebagai ahli ilmu syari’at dan tafsir al-quran.aisyah banyak memberikan penjelasan tentang persoalan syari’at yang bersangkutan dengan kewanitaan,hubungan suami-istri,dan kerumahtanggaan.beliau pun sering kali memberikan penjelasan terkait tafsir suatu ayat al-quran.

FATHIMAH AZ-ZAHRA’ R.A.

Riwayat hidup Fatimah az-zahra’ r.a.
Fatimah adalah putrid ke empat dari rasulullah saw.dan khadijah bintikhuwalid.ia merupakan putrid bungsu dari keluarga dimana tak ada seorang pun anak lelaki yang masih hidup. Ia dilahirkan ditengah masyarakat yang menganggap kelahiran anak perempuan adalah suatu kehinaan dan menguburnya hidup-hidup adalah satu-satunya jalan penyucian.
Salah satu hikmah kelahiran Fatimah untuk melakukan revolusi kreatif atas keadaan jahiliyah.dalam akidah ini,allah memilih Fatimah sebagai “ahli waris” dari kejayaan keluarganya,memelihara nilai-nilai kehormatan keluarga,dan melanjutkan pohon keluarga dan kredibilitas.revolusi ini ditunjukkan dengan sikap rasulullah saw yang sangat menghormati putrid bungsunya.cara beliau bercakap-cakap dengannya,memujinya,mencium tangan dan wajahnya merupakan bentuk penghormatan beliau terhadap Fatimah.


UMMUL MU’MININ HAFSHAH BINTI UMAR

Riwayat hidup hafshah
Hafshah adalah anak perempuan dari khalifah islam kedua,yakni umar bin khaththab,seorang perempuan yang tekun beribadah,istri rasulullah dan orang yang tidak suka berkumpul dengan laki-laki yang bukan mahramnya.dia dilahirkan di mekah pada saat orang quraisy membangun ka’bah,lima tahun sebelum Muhammad diangkat menjadi rasul.
Ketika beliau dewasa,tampaklah pada dirinya tanda-tanda kewanitaan.beliau masuk islam setelah mendengar ayahnya,umar bin khaththab,masuk islam dan mengumumkan kepada kaum mekah,”barang siapa yang tidak ingin istrinya menjadi janda dan anaknya menjadi yatim,maka ikutilah aku”.
Suatu ketika, khunais melamar hafshah.khunais bukanlah orang yang terkenal dikalangan orang-orang quraisy.dia juga bukan orang yang jago bermain pedang.tetapi dia dikaruniai akal yang cerdas dan hati yang bersih.dia sempat turut membela umat islam dalam peperangan Badar dan ikut menyaksikan kemenangannya.dengan alas an inilah umar bin khaththab bersedia menikahkan putrinya dengan khunais.

Khaulah binti tsa’labah

Riwayat hidup khaulah
Khaulah adalah seorang wanita anshar.suaminya bernama aus bin shamit r.a.imam al-qurthubi  menceritakan  bahwa pada suatu hari pada masa ia masih menjadi khalifah ,umar bin khaththab r.a. pernah berjumpa dengan seorang wanita dijalan.saat itu umar di iringi banyak orang yang menunggang kuda.wanita itu memintanya berhenti.umar pun berhenti.lalu wanita itu menasihati umar,lama sekali.
Hingga setelah beberapa waktu,ada orang yang bertanya kepada umar,”wahai amirul mukminin,mengapa engkau mau berdiri seperti itu untuk mendengarkan wanita tua renta itu?”.
Umar menjawab,”demi allah,kalau sekiranya beliau menahanku dari permulaan siang hingga akhir siang,aku tidak akan bergeser kecuali melaksanakan shalat fardu.tahukah kalian siapa perempuan renta itu?dia adalah khaulah binti tsa’labah .allah mendengar perkataannya dari atas tujuh langit.apakah tuhan seluruh alam mendengarkan ucapannya,tetapi lantas umar tidak mendengarkannya?”


UMMIL MUKMININ RAMLAH
BINTI ABU SUFYAN

Riwayat hidup ramlah
Ramlah adalah putrid abu sufyan bin harb. Ibunya bernama shafiyah binti abi al ‘ash bin umayyah.ramlah menikah dengan ubaidillah bin jahsy.mereka dikaruniai putrid bernama habibah.karena itu,ramlah juga disebut ummu habibah.ketika umat islam diperintahkan rasulullah untuk berhijrah habasyah(ethiopia),ramlah berangkat bersama suaminya.sayang sekali,dinegeri itu suaminya berpindah agama.ia murtad dan memeluk agama nasrani.tidak hanya itu,ia juga menghendaki agar ramlah pun memeluk agama nasrani,tapi ramlah menolak.ramlah tetap teguh dalam islam hingga akhirnya suaminya meninggal dunia.setelah ‘iddah (masa menunggu)nya selesai,tiba-tiba datanglah seoarang gadis sebagai utusan raja najasyi,penguasa habasyah.raja berpesan bahwa rasulullah saw.menulis surat agar raja menikahkanmu dengan rasulullah.
Kepribadian ramlah r.a.
Beliau dikenal teguh dalam memegang sunnah rasulullah saw.beliau pun seorang yang mencintai allah dan rasulnya lebih dari cintanya kepada siapapun. Termasuk kepada ayahnya sendiri.


UMMU KULTSUM BINTI UQBAH R.A.
Riwayat hidup ummu kultsum r.a.
Ayahnya bernama uqbah bin abi mu’ith,salah seorang yang memiliki peran penting dalam menghalang-halangi penyebaran agama allah, menyiksa kaum mustadh’afin,dan menyakiti rasulullah saw.dengan perbuatan dan perkataan.ibu ummu kultsum bernama arwa binti kuraiz bin rabi’ah bin habib.saudaranya bernama al-walid bin uqbah yang dituturkan allah dalam al-quran.
Ummu Kultsum berhijrah dari mekah ke madinah pada tahun 7 H.Di madinahUmmu Kultsum dilamar oleh Az-zubair ibnul-‘awam,Zaid bin haritsah,Abdurrahman bin auf dan Amr ibnul ‘ash.Oleh karena itu,dia meminta nasihat saudara seibunya, yaitu Ustman bin afwan.Utsman menyaran agar dia menemui Rasulullah saw.setelah dia menyampaikan persoalannya Rasullullah saw. Menyarankan agar menerima lamaran Zaid bin haritsah.dia pun dinikahinya dan hidup cukup lama.dari perkawinannya,lahirlah Zaid bin zaid dan Ruqayyah.Namun keduanya meninggal.


UMMU SYURAIK GHAZIYAH BINTI JABIR AD-DAUSIAH.
Riwayat hidup ummu syuraik.
Ummu Syuraik merupakan wanita yang teguh dalam imannya.ketika suaminya Abul-‘akr masuk islam,beliau memutuskan untuk mengikuti agama suaminya.Namun,pilihan itu di tentang keras oleh keluarga suaminya.Mereka bahkan menyiksa Ummu Syuraik dengan membiarkan beliau ditengah terik matahari tanpa diberi minum sedikit pun.Mereka melakukan penyiksaan itu selama tiga hari.
Pada hari ketiga,mereka memaksaUmmu Syuraik untuk meninggalkan islam yang baru dipeluknya. Ummu Syuraik menolak,saat itu kondisinya sangat lemah.hal itu terus berlanjut hingga beliau sampai pada puncak keletihan.tiba-tiba datang pertolongan Allah swt.Berupa air yang dapat beliau minum dan beliau percikkan ke kepala dan wajah serta pakaiannya. Mereka heran melihat situasi tersebut.Akhirnya mereka masuk islam dan semuanya bergabung dengan Rasulullah saw.

UMMUL MU’MININ ZAINAB BINTI JAHSY.
Riwayat hidup zainab r.a.
Zainab adalah cucu Abdul Muthalib Bin Hasyim,pemuka kaum Quraisy. Secara lengkap beliau merupakan anak dari Jahsy Bin Rabab Bin Ya’mur. Setelah mendapat petunjuk dari Allah swt,melalui saudaranya,Abdullah,Zainab menyatakan diri masuk islam dan menjauhkan diri dari berbagai tradisi kaum jahiliyah.Zainab berhijrah bersama dua saudaranya Abdullah dan Ahmad.


sumber(al-quranulkarim)






0 komentar: